Pesawat Berselancar yang Unik


Russian ekranoplane atau ekranoplan 1
Ini adalah kreasi ‘aneh’ lainnya dari semangat bertempur Rusia. “Ecranoplanes” yang secara harfiah berarti “layar pesawat” adalah sebuah kendaraan menyerupai pesawat terbang, tetapi beroperasi semata-mata pada prinsip efek tanah atau Ground effect vehicles (GEV). Terbang di atas permukaan datar apa pun, dengan ketinggian di atas tanah tergantung pada ukuran kendaraan.
Selama Perang Dingin, ekranoplanes terlihat selama bertahun-tahun di Laut Kaspia sebagai benda besar yang bergerak cepat. Nama Monster Laut Kaspia diberikan oleh intelijen AS yang telah menemukan kendaraan besar, yang tampak seperti pesawat dengan bagian luar dari sayap dihapus. “Monster” merupakan salah satu dari beberapa desain militer Rusia yang terbang hanya beberapa meter di atas air untuk menghemat energi dan menyusup di bawah radar musuh.
The KM, sebagai Monster Laut Kaspia dikenal dalam program rahasia pengembangan militer Soviet, dengan ukuran lebih dari 100 m (330 kaki), berat 540 ton penuh, dan dapat melakukan perjalanan lebih dari 400 km / jam (250 mil / jam), hanya beberapa meter di atas permukaan air.
Prinsip desain yang penting adalah bahwa daya angkat sayap berkurang sebagai ketinggian operasi ekranoplan meningkat (lihat efek tanah). Jadi, secara dinamis stabil dalam dimensi vertikal. Sekali bergerak pada kecepatan penuh, ekranoplan tidak lagi kontak dengan air, dan bisa bergerak di atas es, salju, atau tanah dengan mudah.
Desain ini awalnya dikembangkan oleh Uni Soviet sebagai transportasi militer berkecepatan tinggi (beberapa ratus km / jam), dan sebagian besar disesuaikan pada keadaan Laut Kaspia dan Laut Hitam. Perkembangan ekranoplans didukung oleh Dmitri Ustinov, Menteri Pertahanan Uni Soviet. Sekitar 120 ekranoplans (Kelas A-90 Orlyonok) pada awalnya direncanakan untuk masuk dinas militer di Angkatan Laut Soviet. Sosok itu kemudian dikurangi menjadi kurang dari tiga puluh kendaraan, rencananya akan digunakan terutama untuk Angkatan Laut Hitam dan Laut Baltik Soviet.
Ketika Marsekal Ustinov meninggal pada tahun 1985, dan Menteri Pertahanan baru Marsekal Sokolov secara efektif menghentikan pendanaan untuk program ini. Hanya tiga A-90 Orlyonok ekranoplans yang dibangun (dengan memperbaharui desain hull) dan satu kelas ekranoplan di sebuah pangkalan angkatan laut dekat Kaspiysk. Tidak dijelaskan alasan penghentian tersebut.
Lihat desainnya yang ‘nyeleneh’ namun mengagumkan :
Russian ekranoplane atau ekranoplan 2Ini adalah “Caspian Monster”.
Russian ekranoplane atau ekranoplan 3
Russian ekranoplane atau ekranoplan 4
Russian ekranoplane atau ekranoplan 5
… bisa menembakkan rudal …
Russian ekranoplane atau ekranoplan 6
Russian ekranoplane atau ekranoplan 7
… Dan bisa terbang di atas tanah juga, naik ke pantai dari laut tanpa terhambat…
Russian ekranoplane atau ekranoplan 8
… Dan juga membawa beberapa tank …
Russian ekranoplane atau ekranoplan 9
… Dan bertindak dalam kerjasama dengan armada tradisional.
Di semua foto di atas dilakukan selama era Soviet, ketika negara Soviet punya uang dan keinginan untuk bereksperimen dengan ekranoplanes aneh ini. Hari ini hampir tidak ada lagi yang tersisa.
Pada foto-foto yang dibuat oleh blogger Rusia Bu33er Anda dapat melihat salah satu ekranoplans “Orlyonok” terakhir yang ditarik kapal pandu menyeberangi sungai Volga ke salah satu taman hiburan Moskow, di mana kemungkinannya akan dijadikan monumen untuk mengenang masa kejayaan Uni Soviet.

0 komentar:

Posting Komentar